Mission : Possible

Mau kemana? itu adalah sebuah tag line iklan perusahaan OTA (Oline Travel Agent) yang lumayan sering muncul di TV belakangan ini. Maksud iklannya sih, mau kemana aja pesen tiket nya bisa lewat aplikasi itu. Kalau setiap tahun ditanya “Mau kemana?” selalu saja ada nama tempat jalan-jalan baru yang muncul di pikiran kita. Apalagi sekarang di Instagram semua foto dan stories jalan-jalan orang lain ga pernah berhenti bikin iri. Tapi kalau hidup cuman sekedar jalan-jalan terus, apa iyah itu hidup yang harusnya kita jalanin?

Masih inget habis nonton Mission Impossible : Fall out kemarin, itu adalah film terbaru dari franchise Mission Impossible. Di film terbaru itu yang menurut saya merupakan seri paling bagus dari seluruh seri mission impossible, sosok Julia Hunt kembali muncul. Julia Hunt adalah istri nya Ethan Hunt (Tom Cruise). Julia yang seorang dokter di film itu memutuskan untuk mendedikasikan hidupnya bersama suami barunya di sebuah medical camp di Kashmir, sebelah utara India.

Sepertinya, menjalani sisa hidup yang didedikasikan untuk menolong orang lain yang membutuhkan, tanpa memikirkan uang yang diterima merupakan hal yang sangat mulia yah? Atau seperti si Ethan Hunt-nya sendiri yang disetiap film Mission Impossible selalu mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan dunia? Untungnya sampai Mission Impossible yang ke-6 ini dia beluman juga mati :D.

“The purpose of life is not to be happy. It is to be useful, to be honorable, to be compassionate, to have it make some difference that you have lived and lived well.”
― Ralph Waldo Emerson

Tapi rasanya kita tidak perlu se-ekstrim itu juga sih untuk menjalani hidup yang memiliki tujuan dan arah. Ada banyak kok tujuan hidup yang mungkin tidak pernah kita pikirkan sebelumnya. Hal-hal sederhana seperti, kita hidup untuk membahagiakan orang terdekat kita misalnya? Seiring banyak hal terjadi dengan hidup, kita pun akan tahu bahwa hidup yang tidak egois adalah pilihan terbaik yang pernah ada. Seberapa sering kah kita melakukan sesuatu untuk kebahagiaan orang lain? Memberikan bunga, hanya untuk membuat hari mereka terasa spesial? Bisa juga hanya sekedar memberikan komentar “Kok kamu lucuu sih? :)” di story instagram mereka hari ini? Atau mungkin secangkir kopi susu di antara beban berat pekerjaan mereka?

Carilah tujuan hidup mu itu, mulailah dengan jadikan kebahagiaan orang lain sebagai kebahagiaan kita. Karena bagaimanapun hidup mu bukan untuk dikenang oleh dirimu sendiri, tapi oleh mereka. Mereka lah nanti yang akan menceritakan tentang siapa kita sebenarnya. Jangan sampai ceritanya diakhiri seperti cerita film horror yang endingnya selalu pemerannya mati semua. Jadikan ceritanya seperti cerita orang yang sedang jatuh cinta! Mau sejelek apa juga gadis/laki2 itu, di ingatan kita, dialah yang paling cakep kan? 🙂

Apa pun itu tujuannya! Bahagia lah! dengan membuat orang disekitar kita lebih dulu bahagia 🙂

Selamat sore!

Penulis,
Jakarta, Indonesia, 11-Agustus-2018, lagi nyari orang buat dibahagiain 🙂 Mungkin kamu mau?

2 thoughts on “Mission : Possible

  1. adhistyafdj says:

    Jadi tujuan hidup lu bahagiain apa aja su?

    1. sutrisnoyao says:

      waduh.. gue baru baca lo ada komen hahaha.. bahagiain apa? or bahagiain siapa? bahagia in perut gue salah satunya dhis.. hahaha

Comments are closed.