a Note to Mama

Sketch of My Mom by Me
Sketch of My Mom by Me #SaturdaySketch

Menyambung tulisan gue 5 tahun lalu tentang Mama, ini adalah sebuah catatan kecil untuk dia.

Mama, ngelahirin gue waktu diumur yang ga bisa dibilang muda lagi, umur 31 tahun waktu itu. Ga tau sih apa yang ada dipikiran mama atau apa yang dia rasain waktu gue lahir. Mungkin yang dia pikir, “laki lagi, laki lagi.., berantakan lagi deh rumah..” hahaha, Yes, gue ber-tiga laki-laki semua dan beda umur gue sama kakak gue nomor 2, 9 tahun. Kebayang dong, mama yang anak-anaknya udah mau beranjak gede, harus punya bayi lagi.

Mama gue itu, yah biasa aja sih.. kayak mama-mama Tionghoa pada umumnya, (kayak Eleanor Young di Crazy Rich Asian, tapi ini ga kaya) 🤣. Dia membesarkan gue dengan sebegitu banyak aturan dan sabetan kemoceng hahaha. Iyah, soalnya anak bungsu nya ini sedari dulu emang aneh2 kelakuannya. Udah tau punya penyakit asma, masih sering nyolong minum es sama maen jauh-jauh naek sepeda. Yah, gue lumayan agak lemah gitu deh dulu, dari kecil punya penyakit, ke puncak aja muntah2 sepanjang jalan, apa lagi naik kora-kora Dufan.

Inget banget, Mama selalu bikin segelas susu putih panas dan telur setengah mateng yang selalu ada di meja sebelum gue tidur. Selalu aja sih gue komplain, kenapa harus minum susu lagi.. susu lagi! telor lagi telor lagi. Tapi kalau sekarang gue pikir lagi, mungkin kalau bukan karena segelas susu putih hangat dan telur itu, hidup gue ga kayak gini, Masih sering batuk-batuk, kurus ga keurus, ga kebayang jadi apa.. zombie walking dead mungkin.

Dulu juga hidup ga selalu berkecukupan, mau beli mainan susah, sampe akhirnya gue harus ngakalin bikin mainan dari kardus bekas dan lem aibon. Dari mama gue juga, gue belajar untuk suka belajar sesuatu yang baru, belajar mencintai tanpa syarat, belajar mengerti kalau keadaan tuh ga selalu bisa sesuai yang kita mau. Tapi walaupun ga sesuai yang kita mau, bukan artinya kita ga bisa bahagia.

Oh yah, mama gue itu dulunya tukang kue, dia bikin kue buat jualan demi mengenyangkan perut 3 anak laki-lakinya tanpa mengeluh. Selalu bangun lebih pagi untuk siapin sarapan ter-enak di dunia, dan itu pun kadang gue masih suka komplain, menu-nya itu-itu terus. Kurang ajar banget yah gue, disangka kita tinggal di hotel apa? bisa gonta-ganti menu breakfast??

Ma! Xie xie! rasanya ga akan pernah bisa cukup kata terima kasih ke mama semua hal yang udah dia bayar lunas demi anak-anaknya supaya jadi kayak sekarang. Kita pun anak-anak nya ga akan pernah bisa menggantikan semua keringat dan pengorbanannya itu. Dan gue pun yakin, bukan itu yang Mama mau kok. Dia cuman mau, kita semua baik-baik, bisa tersenyum terus, sehat-sehat dan yang paling penting bahagia.

Karena setiap sedih yang kita rasain, dia akan merasakannya 2x lipat lebih perih, karena itu kita selalu ada dalam doa-nya dia disetiap malam. Semoga mama juga bisa bahagia terus, baik-baik terus, sehat-sehat terus dan bisa main sama cucu tiap hari yahhh… Jangan khawatirin kita lagi. Kita udah jadi besar seperti yang mama mau kok, dan sedang berjuang sekeras-kerasnya untuk membuat mama bangga.

Selamat Hari Ibu Ma!!

Mama was my greatest teacher, a teacher of compassion, love and fearlessness. If love is sweet as a flower, then my mother is that sweet flower of love.
– Stevie Wonder –