01.01.20

Apa yang terjadi di 2019? Ada banyak hal yang kalau dipikir rasanya kok tidak mungkin bisa terjadi. Tapi kalau dipikir lagi, rasanya semua ini memang proses yang harus dijalani untuk bisa sampai ke destinasi yang sedang kita tuju kemanapun arah nya.

Memutuskan untuk pindah kerjaan 2x dalam setahun sungguh tidak mudah. Banyak pengorbanan sana sini yang harus dilewati, proses yang bisa dibilang sangat merepotkan. Ketemu banyak orang baru, ada yang lucu, aneh ataupun ngeselin. Sampai akhirnya memutuskan untuk kembali ke perusahaan yang lama, yang pernah disinggahi 6 tahun yang lalu, lalu mengambil peran yang baru pertama kali dicobain dan harus belajar lagi dari nol. Ternyata setelah 13 tahun di dunia kerja, belajar hal baru merupakan sesuatu yang pasti selain selalu terus berubah menjadi yang lebih baik.

Di tahun yang sama, berkesempatan pertama kalinya jadi pembicara di luar negeri, di Taipei, Taiwan. Tapi disaat yang sama juga, pertama kali nya juga mengalami berangkat keluar negeri dan ditolak visanya. Sempat putus asa dan memutuskan untuk tidak jadi berangkat karena banyak sekali rintangannya, namun lagi-lagi dikesempatan kali ini belajar untuk tidak berputus asa itu adalah keputusan paling benar adanya. Baca cerita detail nya di sini.

Ada banyak hal baru juga dilakukan di tahun 2019, mengunjungi kota dan negara baru, mencoba makanan baru, mempelajari hal baru, dan akhirnya melihat dunia dari sudut baru yang seru. Mencoba makan burger kangaroo untuk pertama kali, mencoba bibimbap di toko tertua di daerah asalnya, belajar bahasa baru, bersepeda di pematang sawah di ubud, belajar masak di seoul, melihat blue fire dengan mata kepala sendiri, dan masih banyak hal lain nya dicoba di tahun 2019. Jadikan begitu banyak kesempatan dalam hidup untuk dirangkai jadi satu dan menjadikannya cerita yang akan diceritakan kembali nanti ke anak cucu kita.

2019, memang tidak mudah, begitu banyak pelajaran berharga yang didapat, begitu banyak cerita yang dibuat, semuanya tidak lah mudah untuk dilalui. 2020 pun rasanya tidak akan dilalui dengan mudah, yah karena hidup memang begitu kan? Tapi saat kita bisa melalui nya, kita akan selalu menjadi diri kita yang baru, yang lebih baik. Sama seperti 2019, saya berjanji untuk menjalani 2020 dengan tidak mudah menyerah mau seperti apa pun susahnya tantangan itu, selalu belajar hal yang baru dan tidak lupa untuk belajar mencintai lebih lagi.

Masih ada begitu banyak hal di bucket list yang harus terwujud di tahun 2020. Masih ada begitu banyak cerita yang ingin dibuat dan diceritakan ke orang-orang. Masih ada banyak kesalahan yang tidak boleh terulang dan masih banyak pelajaran hidup yang perlu dibagi ke banyak orang. Terima kasih 2019! 2020, semoga semuanya berjalan dengan lebih indah.

Jakarta,
01.01.20