Think outside the Box

It is impossible to produce superior performance unless you do something different.
John Templeton

Mungkin semua orang yang baca artikel ini sudah tahu istilah Think outside the box. Sudah tahu juga artinya. Think outside the box merupakan istilah yang dimunculkan oleh Henry Ernest Dudeney, yang mengatakan seseorang tidak akan menemukan hal yang baru, hal yang tidak pernah ditemui dan dialami sebelumnya jika masih berada pada cara pemikiran yang sama.

Semua orang tahu dan bosan mendengar kata-kata tersebut. Tetapi kalau mau dilihat kembali, istilah ini jadi makin relevan dengan situasi sekarang. Semua orang terpaku hanya dengan kotak mereka masing-masing. Mereka menghabiskan waktu hampir separuh hari dalam hidupnya bersama kotak tersebut. Kadang berpindah dari kotak yang lebih kecil ke kotak yang lebih besar. Kotak yang berukuran rata-rata 5” sampai 15” ini biasa disebut dengan gadget.

Semua orang hanya terpaku pada kotak nya masing-masing, sibuk bermain, tersenyum dan tertawa dengan kotak nya. Merasa seluruh hidupnya ada di sana. Merasa cerita drama Korea adalah cerita kehidupannya juga. Merasa iri dengan body editan tak tahu diri. Merasa suram dengan cerita kebahagiaan orang di Instagram. Semua orang punya cerita berbeda-beda dengan kotaknya.

Pernah kah terpikirkan untuk melihat dunia di luar kotak itu? Menikmati sentuhan hangat orang yang kita kasihi daripada hanya sebuah emoticon basa basi? Menikmati udara segar daripada hanya sekedar sebuah layar? Menikmati bercanda seru yang jenaka dibanding hanya tulisan wkwkwkwk. Atau memeluk hangat orang tua kita dari pada hanya sekedar video call yang makan pulsa?

Dunia ini lebih dari sekedar cerita bahagia mereka di social media. Dunia ini tentang cerita kita dan bagaimana cerita kita mengubah nya. Hidup mu mungkin tidak lebih tegang dari drama perampokan uang di Netflix atau cerita cinta antara dua negara yang populer itu, tetapi bagaimanapun, hidup itu layak untuk dijalani dan diceritakan kembali.

Sesekali, lihatlah dunia yang warna-warni nya lebih seru dari layar super amoled baru. Sesekali katakan “aku sayang kamu” langsung daripada hanya pesan whatsapp yang ternyata keliru. Sesekali kecap lah rasanya daripada hanya foto yang menggugah selera.

Inilah hidup kita, hidup aku dan kamu, ayo kita lihat dunia dari luar kotak itu, tuliskan ceritanya sambil tersenyum menantang dunia.

Think outside the box, collapse the box, and take a fucking sharp knife to it.
Banksy

3 thoughts on “Think outside the Box

  1. Stefanie says:

    Keren Pak Su! So inspiring 🙌

  2. Jacqueline says:

    Susu is my inspiration and my support system 😊

Comments are closed.