a Chocolate of Happiness

Jadi kapan terakhir kali kamu bahagia? Apakah nonton film ant-man terakhir kemarin bikin kamu “happy”? Yah ketawa mungkin.. tapi bahagia? Sepertinya bahagia tidak sesederhana itu, yang hanya di definisikan dengan melakukan hal-hal sementara seperti menonton film lucu atau makan es krim cokelat hazlenut yang ditraktir orang deh.

Jadi apa sih arti kebahagiaan itu? Mungkin ada yang jawab, asal punya uang banyak aku bahagia, lalu ada lagi yang nyeletuk, asal bisa makan saja aku sudah bahagia, lalu mungkin seorang pemuka agama menjawab, asalkan Tuhan beserta-ku, aku bahagia. Lalu mana yang bener sih?

Bahagia itu unik! Tidak ada yang benar tidak ada yang salah, toh namanya juga bahagia! ada yang hari ini sumber kebahagiaannya adalah makan sepotong coklat, senyum anjingnya yang lucu, ada juga yang minum seteguk air di tengah panasnya gurun, atau mendapat pekerjaan baru di perusahaan yang lebih besar? atau mungkin bertemu pacar tanpa ketahuan pacar lainnya? BANYAK sekali sumber kebahagiaan itu dan setiap orang bisa tidak sama.

Happiness is when what you think, what you say, and what you do are in harmony.
Mahatma Gandhi.

Semakin lama hidup, saya pun tahu kalau ternyata kebahagiaan bisa bersifat sementara bisa selamanya, tergantung sumbernya. Ada seorang yang saya kagumi, bilang begini, menurut ajaran Buddhist, kebahagiaan itu bergantung pada diri sendiri, maka dia akan kekal sifat nya. Tidak perduli bagaimana keadaan di sekitar mu, disaat hatimu bahagia, kamu akan bahagia!

Seperti kata Gandhi, kebahagiaan itu harus semuanya “balanced”, semuanya harmonis. Temukan sumber kebahagiaan yang membuat hidup mu harmonis lahir dan batin. Jangan jadikan tertawa sesaat, perut kenyang, puas nya nafsu atau tempat bekerja menjadi sumber kebahagiaan mu. Jangan jadikan musik yang kamu dengar hari ini atau film drama Korea itu menjadi panduan. Hidup kita, milik kita bukan mereka!

Hmm.. mungkin perkataan Gandhi ini bisa dianalogikan seperti sebuah sepeda lipat, ketika salah satu baut nya hilang, dia akan menjadi tidak harmonis dan tidak bisa berjalan sebagai mana mestinya. Sumber kebahagiaan mu bisa jadi tidak kamu sadari sekarang, padahal ada di sana selama ini, menunggu mata mu berpaling. Bisa jadi dia duduk di pojokan dan terlupakan. Temukan dia! dia yang berlari lelah di pikiran mu tapi kamu sibuk memikirkan kerjaan kantoranmu. Dia yang membuat mu hampa saat tak ada!

Sumber kebahagiaan mu bisa apa pun atau siapa pun. Dan ketika bertemu! bilang sama dia, jangan pergi! Saya sudah melakukannya, di hadapan sepotong cokelat minggu lalu.. 😀

Jagalah hatimu! temukan bahagiamu! Bahagia lah!

There is only one happiness in this life, to love and be loved.
George sand.

Penulis,
Malacca, Malaysia, 16 Juli 2018.