So, Thank You Gal Gadot

Kira-kira 4 (empat) tahun yang lalu waktu fast and furious 6 keluar ditahun 2013 seorang teman bilang, “lo tau gal gadot?”. Pas pertama denger sih yang kepikiran pertama itu, itu nama badut? atau merk susu botolan? atau nama gedung?

“Itu loh yang jadi pacar nya si Han di fast 6..”, si teman melanjutkan. Lalu pikiran melayang ke wanita cantik yang super hot, pacar si Han yang mati jatoh dari pesawat.. oohh dia! Tapi namanya Gal Gadot? Nama apa itu?? Tapi ngomong soal nama, saya sendiri menghabiskan masa kecil dengan amarah yang cukup membekas sampai sekarang hanya karena nama yang diberikan orang tua saya ke saya cukup unik.. Sutrisno, nama jawa yang rasanya lebih cocok untuk menggambarkan seorang tukang becak yg bisa mengantar anda keliling keraton jogja.. Yah, nama ini membuat saya cukup tertekan waktu dulu sekolah, karena nama guru olahraga saya sama dengan nama saya! Can you imagine that??! Malu nya 6 tahun!

Tapi seorang guru smp saya yang lain dulu pernah mengatakan, “kamu tau arti nama mu? artinya Su itu lebih dan Trisno artinya cinta.. cinta yang lebih” kata dia dari nama saya, saya diharapkan untuk bisa lebih mencintai.. arti yang bagus kan?? Walaupun si pemilik nama tidak sebagus arti namanya.. 😀

Nah balik ke Gal Gadot, ternyata kata Gal Gadot berasal dari bahasa ibrani (hebrew) karena dia memang orang Israel. Gal artinya gelombang dan Gadot artinya sungai, arti yang sangat bagus, mengingat Gal Gadot tumbuh tidak hanya menjadi gelombang di sungai tapi sudah menjadi gelombang di laut sekarang. Dia begitu populer, apalagi setelah menjadi bintang utama di film DC Comic terbaru, Wonder Woman. Selain itu dia adalah Miss Israel tahun 2004 dan pernah ikut wajib militer selama 2 tahun membuktikan dia bukan cuma cantik di luar saja.

Gal Gadot secara tidak sengaja mengajarkan kita untuk tidak pernah menilai orang lain dari hal-hal yang tidak begitu penting. Persis seperti apa yang dikatakan Juliet dalam suatu babak drama Romeo & Juliet, “What’s in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet.” Kata-kata yang dibuat Shakespeare itu sudah muncul 400 tahun yang lalu. Nilai lah orang lain dari karya apa yang dia hasilkan. Nilai lah mereka dari senyum tulus dan ucapan baik yang keluar dari mulutnya..

Jadi.. Terima kasih banyak Gal Gadot, karena sudah mengingatkan saya untuk kembali menjalani hidup yang lebih mencintai.. sesuai dengan arti nama saya yang sebenarnya (bukan tukang becak keraton).. Karena lebih mencintai tidak akan pernah salah… sedikit pun..

Love all, trust a few, do wrong to none. – William Shakespeare